Apa Itu Smart Object pada Photoshop, Bagaimana Cara Menggunakannya dan Apa Fungsinya?




Photoshop merupakan salah satu software edit foto paling populer di dunia. Banyak sekali fitur-fitur canggih yang ditawarkan di dalamnya. Salah satunya yaitu fitur Smart Object. Fitur ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses editing foto. Namun masih banyak yang belum tau apa itu Smart Object.
Fitur yang satu ini akan muncul secara otomatis ketika kita memasukan gambar pada ruang kerja kita, tepatnya di sebelah ikon layer gambar. Namun kita juga bisa membuatnya secara manual di photoshop. Kemudian untuk menghilangkannya, cukup dengan merasterize layer saja.
Tapi, sebenarnya apa sih Smart Object itu? Bagaimana cara menggunakanya? Apa fungsinya? Dan pada saat apa fitur Smart Object ini cocok digunakan? Oke, langsung saja kita mulai pembahasannya. 

Bagaimana Cara Mengunakannya?
Cukup klik kanan pada layer yang kalian pilih. Kemudian pilih menu Convert to Smart Object. Atau bisa dengan memilih menu Layer di bagian Tab Menu. Lalu pilih Smart Object. Kemudian pilih Convert to Smart Object. Untuk menghilangkannya, klik kanan pada layer, lalu pilih Rasterize Layer.

Apa Fungsinya?
1. Melindungi kualitas  foto jika di resize
Ini merupakan salah satu fungsi yang cukup penting dari Smart Object. Ketika kita ingin mengubah ukuran foto entah itu mau di perkecil atau diperbesar. Smart Object ini akan melindungi kualitas dari foto tadi, baik dari resolusi maupun jumlah pixel yang ada di dalam foto tersebut.
Misal kita perkecil sebuah foto. Sedangkan foto tersebut belum di convert ke smart object. Lalu jika kita ubah lagi menjadi ukuran semula, maka foto tadi akan sedikit blur dan pecah-pecah. Bahkan hal-hal sederhana seperti memutar gambar dengan Free Transform dapat menyebabkan hilangnya kualitas gambar tersebut. Itu karena saat sebuah foto diresize, maka resolusi dari foto tersebut akan ikut mengecil juga.
Dengan diterapkannya fitur Smart Object, maka kualitas dari foto tersebut akan terjaga. Jadi tidak usah khawatir jika mau mengubah-ubah ukuran sewaktu-waktu. 

2. Dapat menerapkan filter tanpa merusak gambar aslinya
Misalkan kalian ingin menerapkan efek Outer Glow pada gambar. Jika gambar tersebut tidak diconvert ke Smart Object, maka efek tersebut akan menyatu menjadi satu bagian dengan gambar dan tidak bisa diedit lagi.
Namun jika kalian mengconvert gambar terlebih dahulu menjadi Smart Object, maka efek Outer Glow tersebut akan membentuk tempat terpisah di bawah layer gambar tadi. Dengan begitu, efek tersebut masih dapat diedit lagi. Entah itu diubah atau dihapus.
Seperti halnya saringan, dia akan memisahkan antara ampas dengan sarinya. Memisahkan gambar dengan efeknya. Jadi intinya Smart Object memungkinkan kita untuk mengedit efek/filter tanpa merusak gambar aslinya.

3. Membuat desain Moc-up
Pernahkah kalian melihat baleho di papan iklan pinggir jalan? Nah, inilah salah satu fungsi dari Smart Object, yaitu membuat baleho di papan iklan. Tapi tidak cuma baleho saja, kalian juga bisa menerapkannya pada layar televisi, layar HP, baju atau lainnya. Tinggal bagaimana kalian menggunakannya sekreatif mungkin. 

Pada saat apa Smart Object cocok digunakan?
Sebenarnya tidak ada aturan pasti waktu yang cocok untuk menggunakannya. Ini hanya masalah kebutuhan saja. Jika kalian yakin tidak ingin mengedit kembali gambar yang sudah di terapan efek, maka tidak perlu lagi menerapkan smart object. Namun jika suatu saat nanti kalian ingin mengeditnya lagi, sebaiknya convert dulu ke Smart Object. Jangan sampai kalian menyesal nantinya. Karena efek yang sudah di terapkan pada gambar akan menyatu seutuhnya.

Kekurangan
Smart Object memang sangat membantu pekerjaan kita. Namun perlu diperhatikan, semakin banyak kita menggunakannya, maka ukuran file tersebut juga akan semakin besar. Lalu beberapa tool seperti brush tool, healing brush tool, clone stamp tool, eraser tool, gradient tool, blur tool, dan lainnya tidak akan bisa digunakan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai fitur smart object pada photoshop. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian bisa lebih memahami tentang bagaimana menggunakannya, dan kapan waktu yang cocok untuk menggunakanya sarta hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengunakan smart object ini. 


Share:

No comments:

Popular Posts

Followers

Total Pageviews

Translate

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Unordered List

Definition List